PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE PADA SITUS OLX
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial Kepercayaan dan Keamanan terhadap minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Yogyakarta yang mengetahui dan merupakan pengguna toko online OLX.co.id dengan sampel sejumlah 60 orang konsumen. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS versi 20.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable Kepercayaan dan variable Keamanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Faktor Kepercayaan dan Keamanan berkontribusi sebesar 52,1% terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.