PENGARUH MODAL MINIMAL, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal minimal, pengetahuan investasi, dan motivasi terhadap minat berinvestasi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram pada Pasar modal yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Strata 1 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan 81 kuesioner di enam kelas program study Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram. Data dianalisis menggunakan asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal minimal dan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi. Sebaliknya motivasi berpengaruh terhadap minat investasi.