PERAN MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM KEHIDUPAN ORGANISASI
Abstract
Arsip merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kehidupansuatu organisasi. Arsip bisa berperan sebagai sumber informasi atau rekaman kegiatan yang telah
dilakukan oleh sebuah organisasi. Arsip bisa juga berperan sebagai alat pengawasan yang sangat
diperlukan dalam perencanaan, penganalisaan, pengembangan dan perumusan kebijaksanaan,
pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban, penilaian, dan pengawasan
atau pengendalian setepat-tepatnya.
Mengelola arsip menjadi suatu keharusan bagi organisasi yang menginginkan untuk dapat
terus bertahan dan berkembang menjadi lebih besar. Oleh karena itu manajemen kearsipan
diperlukan agar pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pengendalian,
pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan, pemindahan, dan pemusnahan arsip
dapat dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.
Kata Kunci : Arsip, Manajemen Kearsipan, Organisasi