ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh citra merek yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta dan menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan mengambil responden para pengguna kartu Telkomsel di Yogyakarta khususnya kartu Simpati. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Jumlah responden yang diambil adalah 100 orang dan jumlah kuesioner yang kembali dan dapat diolah berjumlah 98 kuesioner. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan regresi berganda citra pembuat, citra pemakai dan citra produk secara serentak dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta dan diantara tiga variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta adalah citra pengguna.
Kata kunci: citra pembuat, citra pemakai, citra produk, keputusan pembelian.