ANTESEDEN PERILAKU AUDITOR DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT

  • Wahyu Febri Eka Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) anteseden perilaku auditor dalam situasi konflik audit, (2) interaksi antara faktor anteseden tersebut dan variabel kesadaran etis terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Faktor-faktor tersebut (anteseden) terdiri atas locus of control, jenis kelamin, komitmen profesi, machiavellian, dan kesadaran etis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja di kantor akuntan publik yang berlokasi di Yogyakarta. Kuesioner yang disebar berjumlah 53 buah, yang kembali 50 buah. Metode pengumpulan data menggunakan convenience sampling. Data dianalisis menggunakan regresi berganda.


Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa locus of control, jenis kelamin, machiavellian, dan komitmen profesi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Tetapi, penelitian ini menemukan bahwa kesadaran etis berpengaruh negatif terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Disamping itu, penelitian ini tidak menemukan adanya interaksi antara locus of control dan kesadaran etis, tidak menemukan adanya interaksi antara jenis kelamin dan kesadaran etis, tidak menemukan adanya interaksi antara komitmen profesi dan kesadaran etis, dan tidak menemukan adanya interaksi antara machiavellian dan kesadaran etis berpengaruh terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit

Published
2018-09-18
How to Cite
EKA SUSANTI, Wahyu Febri. ANTESEDEN PERILAKU AUDITOR DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 5, n. 1, sep. 2018. ISSN 2252-5483. Available at: <http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/74>. Date accessed: 22 jan. 2019.