PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI BARU ( STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SBI YOGYAKARTA )

  • Surawan Setyo Budi S

Abstract

STIE SBI Yogyakarta telah memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan pengelolaan manajemen, untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan melakukan automatisasi pekerjaan dalam bentuk aplikasi sistem informasi SIA, SIMPUS, dan SIMKEU. Aplikasi sistem informasi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses penyelesaian administrasi di STIE SBI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna terhadap kemanfaatan dan kemudahan penggunaan aplikasi sistem informasi di STIE SBI. Responden dalam penelitian ini berjumlah 90 orang pegawai pengguna sistem informasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat ukur dengan skala likert 5 point, di uji validitas dan reliabilitas serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mencari nilai mean dari setiap butir
pernyataan. Model penelitian menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan dua
konstrak utama yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengelolaan Manajemen, Technology Acceptance Model (TAM)

Published
Jun 7, 2016
How to Cite
BUDI S, Surawan Setyo. PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI BARU ( STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SBI YOGYAKARTA ). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2016. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/34>. Date accessed: 24 apr. 2024.