ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PELANGGAN PEMAKAI FASILITAS DI PT ERATEL MEDIA DISTRINDO

  • Andi Sulaiman

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dan membuktikan apakah variabel-variabel yang ada dari bauran pemasaran seperti variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi mempengaruhi pelanggan pemakai fasilitas dari PT Eratel Media Distrindo. Menurut metode yang digunakan, jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jumlah pelanggan yang diambil sebagai sampel adalah sebanyak 278 orang pelanggan di PT. Eratel Media Distrindo. Analisisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui apakah pengaruh variabel-variabel yang ada dari bauran pemasaran seperti variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap pelanggan pemakai fasilitas dari PT. Eratel Media Distrindo. Hasil analisis data adalah bahwa lima variabel yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pelanggan pemakai fasilitas di PT. Eratel Media Distrindo. Kata Kunci: bauran pemasaran, pelanggan

Kata Kunci: bauran pemasaran, pelanggan

Published
Mar 1, 2014
How to Cite
SULAIMAN, Andi. ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PELANGGAN PEMAKAI FASILITAS DI PT ERATEL MEDIA DISTRINDO. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 1, mar. 2014. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/33>. Date accessed: 23 apr. 2024.