DAMPAK KETIDAKPUASAN KONSUMEN PADA TERBENTUKNYA PERILAKU BERPINDAH MEREK (BRAND SWITCHING)

  • Dwi Wahyu Pril Ranto

Abstract

Brand switching atau berpindah merek merupakan perilaku dari konsumen yang mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan selama menjalin kerjasama. Perilaku perpindahan merek merupakan fenomena yang kompleks, yang dapat terjadi karena adanya perilaku mencari keberagaman (variety seeking), terdapatnya penawaran produk lain atau dapat juga terjadi karena adanya masalah yang ditemukan atas produk yang sudah dibeli. Perpindahan merek terjadi ketika seorang konsumen atau sekelompok konsumen beralih kesetiaan dari satu merek produk tertentu ke merek lain dan hal tersebut dapat saja terjadi sementara waktu saja. Semakin tinggi tingkat brand switchingnya, semakin tidak loyal konsumen dari merek tersebut

Brand switching behavior adalah perilaku perpindahan merek yang dilakukan konsumen atau diartikan juga sebagai kerentanan konsumen untuk berpindah ke merek lain. Penilaian konsumen terhadap merek dapat timbul dari berbagai variabel, seperti pengalaman konsumen dengan produk sebelumnya dan pengetahuan tentang produk. Pengalaman konsumen dalam memakai produk memunculkan komitmen terhadap merek tersebut. Pengalaman yang menimbulkan penilaian yang tidak menyenangkan bagi seorang konsumen akan menyebabkan mereka melakukan perpindahan merek.

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Kepuasan Pelanggan, Brand Switching

Published
Sep 2, 2014
How to Cite
RANTO, Dwi Wahyu Pril. DAMPAK KETIDAKPUASAN KONSUMEN PADA TERBENTUKNYA PERILAKU BERPINDAH MEREK (BRAND SWITCHING). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, sep. 2014. ISSN 2252-5483. Available at: <http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/23>. Date accessed: 02 dec. 2022.