MANAJEMEN KEBENCANAAN BERBASIS MAHASISWA

  • Edi Cahyono

Abstract

MANAJEMEN KEBENCANAAN BERBASIS MAHASISWAPublish on February 3rd, 2016 under JBMA: Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi Vol. II, No. 2, Septembar 2014, ISSN : 2252-5483, Jurnal by admin

Oleh : Edi Cahyono (Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta)

ABSTRAK

Indonesia sebagai Negara besar yang mendapat julukan jamrud katulistiwa menyimpan potensi yang luar biasa baik menyangkut sumber daya alam, sumber daya ekonomi maupun sumber daya manusia yang mencapai lebih kurang 250 juta penduduk. Namun sejalan dengan potensi yang dimiliki, Indonesia juga tidak pernah terlepas dari bencana alam. Dengan panjang pantai paling panjang seluruh dunia, ratusan sungai besar dan kecil, puluhan gunung api aktif serta dataran tinggi dan pegunungan, tak pelak Indonesia sangat rawan dan akrab dengan datangnya bencana alam. Bencana alam akan selalu membawa implikasi kerugian baik kerugian ekonomi maupun kematian. Oleh karena itu diperlukan manajemen kebencanaan khususnya menyangkut mitigasi bencana dan penanganan korban apabila bencana alam tersebut benar-benar datang. Jumlah mahasiswa yang mencapai ribuan orang di daerah tujuan pendidikan sesungguhnya menyimpan potensi yang luar biasa apabila mampu dikelola dan digerakkan dalam membantu menangani akibat yang ditimbulkan dari bencana alam. Dengan modal intelektualitas, idealisme dan semangat yang dimiliki, mahasiswa akan dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan operasi penanganan bencana alam, sehingga mahasiswa tidak kehilangan jatidiri, terjaga moralitasnya dan selalu dekat dengan rakyat.

Kata Kunci : Bencana Alam, Manajemen, Mahasiswa.

Published
Sep 2, 2014
How to Cite
CAHYONO, Edi. MANAJEMEN KEBENCANAAN BERBASIS MAHASISWA. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, sep. 2014. ISSN 2252-5483. Available at: <http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/21>. Date accessed: 02 dec. 2022.