EVALUASI WAKTU LAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN UDARA dr. S. HARDJOLUKITO YOGYAKARTA

  • Andri Purnamawati

Abstract

Saat ini pada kenyataannya sebagian besar rumah sakit di Indonesia belum melakukan pelayanan farmasi seperti yang diharapkan, mengingat beberapa kendala antara lain kemampuan tenaga farmasi, terbatasnya pengetahuan manajemen rumah sakit akan fungsi farmasi rumah sakit, kebijakan manajemen rumah sakit. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui waktu layanan resep racikan dan resep non racikan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Yogyakarta.
Dalam penelitian ini populasinya adalah para pasien yang berkunjung di Instalasi Farmasi Dinas Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Yogyakarta dengan sampel 30 pasien yang masih dibagi lagi menjadi 2 yaitu 15 resep racikan dan 15 resep non racikan. Alat uji hipotesa yang digunakan adalah Mean dan Standar Deviasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah bahwa layanan resep di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Yogyakarta tidak sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan.
Kesimpulan yang diperoleh adalah waktu layanan resep di Instalasi Farmasi Dinas Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Yogyakarta lebih besar dari pada standar waktu nasional yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai resep racikan 34,86 menit > 27,96 menit standar nasional sedangkan resep non racikan yaitu 12,59 menit > 12,05 menit standar nasional.

Kata kunci : Resep, Waktu Layanan, Rumah Sakit

Published
Sep 2, 2014
How to Cite
PURNAMAWATI, Andri. EVALUASI WAKTU LAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN UDARA dr. S. HARDJOLUKITO YOGYAKARTA. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, sep. 2014. ISSN 2252-5483. Available at: <http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/19>. Date accessed: 02 dec. 2022.