KERANGKA KERJA PENELITIAN TEMATIK PERILAKU ADAPTIF KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA: STATE OF THE ART

  • Endang Hariningsih

Abstract

Tujuan paper adalah untuk memberikan kerangka kerja konseptual penelitian empiris tematis tentang perilaku adaptif konsumen (adaptive shopper) dalam menyesuaikan kebijakan physical distancing dari pemerintah selama masa pandemic covid 19 untuk melakukan belanja online dari rumah. Kerangka kerja koseptual diusulkan dengan mengajukan variabel motivasi berbelanja online yang sudah ada berupa motivasi utilitarian, hedonic dan faktor situasional. Kontribusi paper ini yaitu memasukkan variabel moderasi hubungan antara motivasi berbelanja dengan niat berbelanja online, yaitu tipe shopper journey dari konsumen yang beragam. Dalam model konseptual diungkap ada empat tipe shopper journey yang relevan muncul pada masa physical distancing yaitu classical journey, required journey, entertainment journey, dan oursourced journey.

Published
May 28, 2021
How to Cite
HARININGSIH, Endang. KERANGKA KERJA PENELITIAN TEMATIK PERILAKU ADAPTIF KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA: STATE OF THE ART. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 39 - 54, may 2021. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/115>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v8i1.115.