ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. OMEGA SEMARANG

  • Edi Cahyono

Abstract

Dalam organisasi kerja keberadaan sumber daya manusia yang handal memiliki peran yang strategis dibandingkan sumber daya yang lain karena sumber daya manusia adalah harta yang paling penting yang dimiliki oleh suatu organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan suatu organisasi tersebut. Salah satu strategi yang dianggap tepat untuk mempertahankan pertumbuhan usaha adalah dengan menerapkan strategi pemberian kompensasi kepada pegawai. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung baik secara parsial maupun serentak terhadap kinerja pegawai di PT. Omega. Populasi dari penelitian ini adalah pegawai PT. Omega dengan menggunakan teknik convenience sampling sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pola kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS.


 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompensasi langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai, sementara kompensasi tidak langsung berpengaruh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pemberian kompensasi langsung dan tidak langsung secara adil dan layak akan memberikan peningkatan terhadap kinerja pegawai di PT. Omega.. Saran untuk obyek penelitian diharapkan PT. Omega dapat mempertahankan serta meningkatkan kompensasi tidak langsung, karena dari hasil penelitian pada pegawai diketahui bahwa kompensasi tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan dan dominan terhadap kinerja pegawai.

Published
Dec 18, 2020
How to Cite
CAHYONO, Edi. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. OMEGA SEMARANG. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 119 - 130, dec. 2020. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/112>. Date accessed: 23 apr. 2024.