%A Hariningsih, Endang %D 2018 %T PENGARUH KEPRIBADIAN DAN TEKANAN PERSAINGAN TERHADAP NIAT KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ONLINE OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %B %9 %! PENGARUH KEPRIBADIAN DAN TEKANAN PERSAINGAN TERHADAP NIAT KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ONLINE OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %K %X Penelitian bertujuan untuk menguji keberlanjutan penggunaan Media Sosial Online (MSO) oleh para UMKM di Propinsi DIY. Syarat minimum kecukupan sampel untuk diolah dengan Alat Partial Least Quare minimal 10 kali jumlah item yang paling kompleks. Jumlah sampel penelitian berjumlah 114 pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggunakan teknologi Media Sosial Online (MSO). Data dikumpulkan dengan cara mendatangi secara langsung responden. Kuesioner terdiri dari pertanyaan tertutup (close ended question) dengan Skala Likert. Konstruk penelitian terdiri dari variable predictor yang mempengaruhi niat keberlanjutan penggunaan media social online yaitu faktor kepribadian dan tekanan persaingan. Faktor kepribadian diukur dari Teori The Big Five Factor Personality yaitu conscientiousness, openness to experience, neuroticism, agreeableness, dan extraversion. Selain itu juga dilakukan uji variable pengaruh perceived usefulness terhadap niat keberlanjutan penggunan Media Sosial Online (MSO). Data dianalisa dengan Structural Equation Modelling dengan Software Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisa PLS, didapatkan hasil hipotesis yang terdukung yaitu pengaruh antara kepribadian Agreeableness berdampak positif pada Perceived usefulness penggunaan Media Sosial Online (MSO), dan pengaruh Perceived usefulness berdampak posifit pada niat keberlanjutan penggunaan Media Sosial Online (MSO). %U https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view?path= %J Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi %0 Journal Article %& 1 %P 25 %V 5 %N 1 %@ 2252-5483 %7 2018-04-20