TY - JOUR AU - Murdapa, Purnama Andri PY - 2012/01/08/ TI - MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN INTERNAL MELALUI PENCIPTAAN KUALITAS PELAYANAN DI BIDANG JASA PENDIDIKAN JF - Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi; Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - Agustus KW - N2 - Membangun kepuasan konsumen melalui penciptaan kualitas pelayanan yang baik adalah strategi yang dapat dilakukan oleh organisasi atau perusahaan, karena setiap konsumen yang puas adalah tujuan organisasi. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi maka diharapkan semakin puas juga konsumennya. Terciptanya kepuasan konsumen ini menjadi target dari setiap organisasi termasuk yang bergerak dalam bidang pendidikan. Dengan terciptanya kepuasan, maka organisasi akan mendapatkan keuntungan yang besar. Selain mempertahankan konsumen yang telah dimiliki saat ini, dapat juga mendapatkan konsumen baru. Berbicara mengenai konsumen dalam organisasi, terdapat dua kategori konsumen yaitu konsumen internal dan konsumen eksternal. Terciptanya kepuasan konsumen eksternal sangat tergantung dari kepuasan yang diterima oleh konsumen internal. Dimana kepuasan konsumen internal dapat tercipta sangat tergantung pula dari kualitas pelayanan yang diterima oleh konsumen internal. Bila konsumen eksternal tidak puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh para penyedia jasa maka mereka tidak akan kembali lagi. Tentunya kondisi ini tidak diharapkan oleh setiap organisasi, untuk itu pentingnya memberikan pelayanan yang baik dimulai dari dalam organisasi dalam hal ini adalah konsumen internal. Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Jasa UR - https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view?path=